Home / Media Pembelajaran / Latihan Praktek Animasi / Tutorial Media Anatomi Tubuh Hewan

Tutorial Media Anatomi Tubuh Hewan

Karena penggantian domain, rubrik Batik (belajar asyik dengan TIK) pun lama tidak berbagi. Alhamdulillah mulai bulan Oktober 2017 ini, Batik sudah dapat berbagi lagi, kali ini berbagi tutorial animasi anatomi tubuh hewan. Ini adalah sebuah animasi sederhana yang menggambarkan nama dari setiap organ dalam hewan.

Pertama-tama, kita cari dan unduh gambar hewan dengan penjelasan anatominya dari internet. Salah satu gambar yang penulis unduh adalah sebagai berikut :

 

Sumber : http://2.bp.blogspot.com

Selanjutnya dengan menggunakan Adobe Photoshop, kita hapus semua Legend gambar sehingga menjadi gambar hewan tanpa legend dan ubah format gambar menjadi PNG dengan latar belakang gambar transparent seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya kita persiapapkan slide kosong dan kita insert-kan gambar diatas kedalam slide kosong tersebut.

Langkah berikutnya, kita akan membuat shape yang akan menjadi trigger ketika bagian anatomi hewan tersebut diclick, maka akan muncul animasi yang menunjukkan nama dari organ hewan tersebut. Dengan menggunakan objek shape Freeform : Shape kita tiru/jiplak bagian organ Rectum sapi seperti gambar berikut :

Langkah selanjutnya pada Selection Pane kita ubah namanya menjadi Rectum seperti gambar berikut ini :

Selanjutnya, ubah beberapa properties shape Rectum tersebut. Shape Fill : No Fill, Outline : No Outline. Selanjutnya tambahkan 2 objek shape line untuk menjadi penunjuk legend seperti gambar berikut ini :

Selanjutnya, sisipkan objek shape Arrow : Pentagon, dan sisipkan teks RECTUM didalamnya serta ubah warnanya melalui Ribbon Menu Format sehingga terbentuk gambar seperti dibawah ini :

Selanjutnya, kita akan sisipkan animasi pada objek shape line dan arrow pentagon. Langkah-langkahnya :

  • Aktifkan panel animasi dengan cara klik Ribbon Menu Animations.
  • Select line yang pertama, Add Animation ->Entrance : Wipe. Ubah direction menjadi from Bottom.
  • Select line yang kedua, Add Animation ->Entrance : Wipe. Ubah direction menjadi from Right.
  • Select Arrow Pentagon, Add Animation ->Entrance : Fade.

Sehingga terbentuk 3 animasi seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya kita akan mengaktifkan trigger yaitu ketika organ Rectum hewan diklik, maka animasi legend rectum akan muncul. Langkah-langkahnya :

Klik animasi yang paling atas (animasi line yang pertama), lalu aktifkan triggernya dengan memilih rectum seperti gambar berikut ini :

Susun kembali urutan animasi nya seperti urutan animasi yang pertama, ubah properties Start objek Line yang kedua dan Pentagon menjadi After Previouse sehingga urutan animasinya seperti gambar berikut ini :

Dengan cara yang sama, kita bisa membuat animasi legend organ tubuh hewan. Jangan lupa, sesuaikan Derection objek Shape Line dari setiap Legend yang akan muncul, apakah From Top, From Left, From Right atau From Bottom. Hasil akhir dari animasi ini kurang lebih seperti gambar berikut ini :

Ketika di tampilkan dalam Slide Show setiap organ tubuh hewan ketika diklik akan memunculkan Legend yang sesuai dengan organ yang di klik seperti gambar berikut :
Demikian tutorial Batik, Belajar Asyik dengan TIK kali ini, selamat berkarya untuk anak bangsa.

 

Robby Shadri, S.Kom, Bertugas sebagai staff pengelola sistem informasi dan jaringan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau. Mengawali hobi dibidang pemrograman, baik berbasis Web, maupun berbasis Desktop. Disamping itu juga sebagai instruktur diklat khususnya untuk materi diklat media pembelajaran berbasis TIK.

Khusus untuk media pembelajaran, penulis memfokuskan diri untuk menulis tutorial-tutorial perancangan animasi media pembelajaran menggunakan aplikasi yang sudah familiar dikalangan guru di tanah air, yakni Ms. Powerpoint termasuk tutorial animasi media pembelajaran di lpmpriau.kemdikbud.go.id di rubrik BATIK. Belajar Asik dengan TIK. Jika ada yang ingin bertanya, silahkan berkomunikasi via FB https://www.facebook.com/robby.shadri

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X