Home / Media Pembelajaran / Latihan Praktek Animasi / Tutorial Animasi Perubahan Energi Panas (Geothermal)

Tutorial Animasi Perubahan Energi Panas (Geothermal)

Sobat Batik, Belajar Asyik dengan TIK. Salah satu manfaat media animasi adalah membawa sebuah objek yang berukuran besar kedalam ruangan kelas menjadi sebuah miniatur sehingga bisa diamati bersama oleh siswa didalam pembelajaran. Miniatur pun terkadang masih sulit untuk membuatnya, terutama dalam hal biaya. Salah satu solusinya adalah menggunakan media animasi seperti kali ini, BATIK akan berbagi tutorial animasi geothermal. Permintaan salah satu guru. Penampakannya seperti gambar berikut ini :

Setelah memperoleh permintaan dari salah seorang guru, BATIK pun mencari gambar yang relevan untuk dicontoh. Akhirnya gambar pun ditemukan. Namun pada kesempatan ini BATIK tidak membahas teknik menggambar objeknya, karena BATIK akan fokus pada tutorial animasinya saja. Dengan menggonakan objek shape Line, Rectangle, Oval kita buat gambar dasar seperti gambar berikut ini :

Langkah selanjutnya kita akan membuat beberapa objek yang akan menjadi objek animsi pada animasi kali ini. Yang pertama kita akan membuat objek yang akan menunjukkan animasi gerakan gas thermal yang bergerak dari dalam bumi ke permukaan. Objek ini dibuat dengan menggunakan objek shape Rectangle yang diubah shape properties  > Line Color : No Line, properties yang lain ikuti pengaturan berikut ini :

Sehingga terbentuk objek shape seperti gambar berikut ini :

Lalu posisikan objek shape di gambar jalur naik uap panas seperti gambar beriku ini :

Tambahkan animasi pada objek ini, Animations > More Motion Paths > Up, lalu atur panjang jalurnya agar sesuai seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya, edit animasi Up ini, Timing > Start : With Previous, Duration : Medium, Repeat : Until End of Slide. Selanjutnya duplikasi objek rectangle ini, posisikan dengan posisi berhimpit dengan objek rectangle yang pertama seperti gambar diatas, lalu ubah properti Delay animasi yang kedua menjadi 1 second.

Dengan langkah serupa dan dengan merubah sedikit warna, buat beberapa objek berikut ini :

Objek gambar yang paling diatas, diposisikan pada jalur animasi yang menggambarkan gas thermal masuk ke pembangkit. Lalu tambahkan animasi dengan cara klik Animations > More Motion Paths > Left, lalu atur panjang jalur animasinya seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya, edit animasi Left ini, Timing > Start : With Previous, Duration : Medium, Repeat : Until End of Slide. Dengan langkah serupa, buat pula animasi untuk air yang keluar dari pembangkit dan air yang akan diinjeksikan ke perut bumi seperti gambar berikut ini :

Berikutnya dengan menggunakan objek shape trapezoid, kita akan membuat objek cahaya lampu. Ubah properti Line colornya menjadi No Line, dan properti lainnya seperti gambar berikut ini :

Objek ini diposisikan di objek tiang lampu yang sudah kita buat sebelumnya seperti gambar berikut ini :

Tambahkan animasi berkedip pada objek cahaya lampu ini dengan Animations > Entrance > Fade dan ubah properties animasi Fade ini, Start : With Previouse, Duration : 0,5 (Very Fast), Repeat : Until End Of Slide.

Objek berikutnya yang akan kita buat adalah objek asap yang akan keluar dari cerobongnya. Gunakan objek shape Oval sebanyak 3 buah yang disusun secara menempel satu dengan yang lain lalu di Combine seperti gambar berikut ini :

Lalu ubah propertie Line Color : No Line, Fill > Solid Fill > White, Background 1, Darker 5%. Lalu ubah properties Glow and Soft Edges > Soft Edges : 2.5 pt sehingga terbentuk onjek asap seperti gambar berikut ini :

Buat 3 buah objek asap dengan bentuk yang berbeda beda, lalu posisikan secara berhimpit di ujung cerobong asap.

Tambahkan animasi Arc Up pada masing-masing objek asap, lalu edit jalur animasinya agar gerak animasi asap tidak terlalu jauh tinggi diatas cerobong asap. Lalu ubah properties semua objek asap Start : With Previous, Repat : Until End of Slide. Ubah masing-masing properties delay objek asap pertama menjadi 0, berikutnya 0,5 dan objek asap ke-3 menjadi 1. Animasi kita selesai. Animasi ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya perlu berlatih agar kita terbiasa menggunakan animasi  pada beberapa objek sekaligus.

Demikian tutorial kali ini, selamat berkarya untuk anak bangsa. Yang berminat file PPTX nya silahkan inbox di FB

Robby Shadri, S.Kom, Bertugas sebagai staff pengelola sistem informasi dan jaringan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau. Mengawali hobi dibidang pemrograman, baik berbasis Web, maupun berbasis Desktop. Disamping itu juga sebagai instruktur diklat khususnya untuk materi diklat media pembelajaran berbasis TIK.

Khusus untuk media pembelajaran, penulis memfokuskan diri untuk menulis tutorial-tutorial perancangan animasi media pembelajaran menggunakan aplikasi yang sudah familiar dikalangan guru di tanah air, yakni Ms. Powerpoint termasuk tutorial animasi media pembelajaran di lpmpriau.kemdikbud.go.id di rubrik BATIK. Belajar Asik dengan TIK. Jika ada yang ingin bertanya, atau ingin memiliki file tutorial yang sedang dibahas, silahkan berkomunikasi via FB https://www.facebook.com/robby.shadri

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X