Home / Media Pembelajaran / Latihan Praktek Animasi / Tutorial Animasi Kincir

Tutorial Animasi Kincir

 

Assalaamualaikum, kita bertemu lagi dengan Batik, Belajar Asyik dengan TIK. Kali ini Batik akan berbagi tutorial yang sederhana, yaitu animasi kincir angin. Kincir angin disini bukan kincir angin yang ada di negeri Belanda, tetapi kincir angin yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik seperti gambar berikut ini :

Untuk membuat kincir angina seperti gambar diatas, terlebih dahulu kita sisipkan objek shape Rectangle yang akan kita jadikan tiangnya. Buat objek shape rectangle berbentuk tinggi seperti sebuah tiang, lalu ubah properties Line colornya menjadi No Line dan properties lainnya sebagai berikut :

Sehingga terbentuklah sebuah objek seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya kita akan membuat bilah kincir menggunakan objek shape Oval. Bentuk sebuah objek seperti gambar berikut ini :

Ubah beberapa properties Fill objek diatas menjadi Solid Fill, Color : White, Background 1, 15%. Line color menjadi No Line. Lalu 3-d Format > Bevel > Top : 6 pt, width : 6 pt sehingga terbentuk objek seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya gandakan objek tersebut dan posisikan secara seri dan dijadikan satu grup (Ctrl + G) sehingga terbentuk seperti gambar berikut ini :

Langkah selanjutnya, duplikasi objek tersebut dan posisikan duplikatnya secara berhimpit, dan putar (Rotate) 120 derajat sehingga terbentuk seperti gambar berikut ini :

Objek baru hasil duplikat, diduplikat lagi dan diposisikan secara berhimpit, lalu diputar 120 derajat lagi sehingga terbentuk gambar seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya ubah properties Fill 3 buah shape diatas menjadi No Fill. Lalu seleksi ketiga objek tersebut dan jadikan menjadi 1 grup sehingga terbentuk seperti gambar berikut ini :

Letakkan objek ini tepat diatas objek tiang yang sudah dibuat sebelumnya, lalu tambahkan sebuah objek shape oval berbentuk lingkaran yang akan menjadi sumbu kincir, ubah properties Line : No Color, 3-D Format > Bevel > Top : 6 pt, Width : 6 pt sehingga terbentuk seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya menambahkan animasi untuk setiap kincir angin. Klik Animations > Add Animations > Spin. Smooth Start : 0, Smooth End : 0. Start : With Previous, Duration : 2 seconds, Repeat : Until Next Click.

Buat 3 buah kincir angin yang sama seperti gambar diatas. Yang membedakan adalah, pada animasi kincir angin kedua, ubah format Delay : 0,3 dan Delay : 0,6 untuk animasi kincir yang ketiga. Format yang lain sama. Hal ini untuk menjadikan animasi 3 kincir tersebut tidak dimulai serentak sehingga terlihat indah. Agar tampilan menjadi lebih menarik, tambahkan awan, matahari dan rerumputan seperti gambar berikut :

Demikian tutorial animasi Batik kali ini. Selamat berkarya untuk anak bangsa, semoga bermanfaat.

Robby Shadri, S.Kom, Bertugas sebagai staff pengelola sistem informasi dan jaringan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau. Mengawali hobi dibidang pemrograman, baik berbasis Web, maupun berbasis Desktop. Disamping itu juga sebagai instruktur diklat khususnya untuk materi diklat media pembelajaran berbasis TIK.

Khusus untuk media pembelajaran, penulis memfokuskan diri untuk menulis tutorial-tutorial perancangan animasi media pembelajaran menggunakan aplikasi yang sudah familiar dikalangan guru di tanah air, yakni Ms. Powerpoint termasuk tutorial animasi media pembelajaran di lpmpriau.kemdikbud.go.id di rubrik BATIK. Belajar Asik dengan TIK. Jika ada yang ingin bertanya, silahkan berkomunikasi via FB https://www.facebook.com/robby.shadri

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X