Home / data lembaga / Sejarah dan Latar Belakang LPMP Provinsi Riau

Sejarah dan Latar Belakang LPMP Provinsi Riau

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang selanjutnya disebut LPMP, adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (Permendikbud No. 14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja LPMP).

Pendirian Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ini berawal dari peralihan fungsi Balai Penataran Guru (BPG) Pekanbaru sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (SK Mendiknas) No. 087/O/2003 tentang Organisasi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan dengan struktur Kepala, Subbag Umum, Seksi Pelayanan Teknis dan Kelompok Fungsional.

Selanjutnya pada tahun 2005 diperbarui lagi dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 7 Tahun 2005 tentang Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, yang merubah kata “penjamin” menjadi “penjaminan”sehingga lahirlah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau dengan struktur Kepala, Sub Bagian Umum, Seksi Data dan Informasi (DAI), Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS), Seksi Pemberdayaan Sumber Daya Pendidikan (PSDP) dan Kelompok Fungsional.

Dengan terjadinya peralihan fungsi dari BPG menjadi LPMP, maka konsekuensinya terjadi pada tugas pokok, yakni dari sebuah lembaga pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) guru menjadi sebuah lembaga penjaminan mutu pendidikan. Perubahan nama ini menuntut terjadinya perubahan pada tupoksi, tujuan, visi dan misi lembaga.

Selain itu, seiring dengan tuntutan otonomi daerah, kegiatan diklat yang selama ini menjadi tugas pokok, kedepan akan diminimalisir karena kewenangan pelaksana diklat mejadi kewenangan pemerintah daerah masing-masing. Sementara tugas pokok LPMP lebih luas dengan konsentrasi pada pemetaan mutu pendidikan, pengembangan dan pengelolaan system informasi mutu pendidikan, supervisi satuan pendidikan serta fasilitasi sumber daya pendidikan.

Seiring dengan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan, maka pemerintah dalam hal ini terus mengakomodir upaya-upaya tersebut salah satunya dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 7 Tahun 2007 tanggal 13 Februari 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Dengan berlakunya Permendiknas tersebut, maka berubah pula tugas pokok dan fungsi lembaga. Perubahan ini juga berakibat pada perubahan tingkat eselon lembaga menjadi III a dengan susunan organisasi Yang terdiri dari Kepala, Seksi Program dan Sistem Informasi (PSI), Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS), Seksi Fasilitasi Sumber Daya Pendidikan (FSDP) dan Kelompok Fungsional.

Pada tanggal 4 Juni 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengeluarkan Peraturan No. 37 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dimana LPMP merupakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP). Struktur LPMP terdiri dari Kepala, Subbag Umum, Seksi Sistem Informasi (SI), Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS), Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) dan Kelompok Fungsional.

Kemudian pada tahun 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Peraturan No. 14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dimana LPMP merupakan UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selanjutnya pada tahun 2020, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan LPMP Provinsi Riau merupakan UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Adapun berdasarkan peraturan ini, struktur organisasi LPMP Riau terdiri dari Kepala, Subbagian Tata Usaha, dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Sejak berdirinya BPG Pekanbaru sampai menjadi LPMP Riau hingga sekarang ini telah beberapa kali mengalami pergantian pimpinan, sebagai berikut:

No. Nama Periode
1. Drs. H. Ismail Ahmad 1992 – 2001
2. Drs. H. Sudirman AS, M.Pd., M.M. 2001 – 2007
3. Drs. H. Zainal Arifin, M.M. 2007 – 2011
4. Dra. Deci Mardiani, M.Pd 2011 – 2014
5. Drs. Mulyatsyah, M.M. 2016 – September 2019
6. Yudi Nurman, S.Pd., MBA September 2019 – sekarang

X