Home / Media Pembelajaran / Rubrik Batik. Belajar Asyik dengan TIK

Rubrik Batik. Belajar Asyik dengan TIK

Syukur Alhamdulillah, atas berkat dan rahmat Allah Subhaanahu Wata’aala, disela-sela kesibukan, penulis dapat menyempatkan diri mengasuh rubrik BATIK ini. Rubrik BATIK merupakan singkatan dari rubrik Belajar Asyik dengan TIK. Berisi tutorial-tutorial animasi media pembelajaran yang penulis sajikan untuk pendidik diseluruh tanah air dimanapun berada. Penulis berusaha sebaik mungkin untuk dapat mempersembahkan yang terbaik untuk pembaca sekalian, namun tentu saja tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu aplikasi yang sering dimanfaatkan oleh guru untuk membuat animasi media pembelajaran dalam rangka menyelenggarakan pembelajaran yang asyik adalah Microsoft Powerpoint. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang mudah (user friendly). Namun selama ini, sebagian guru hanya memanfaatkannya sebagai software untuk presentasi. Sebagian yang lain memang telah memanfaatkannya sebagai aplikasi untuk membuat media pembelajaran yang diselingi dengan animasi untuk menambah daya tarik sekaligus mempermudah guru dalam memberikan pemahaman mengenai materi pembelajaran, namun kebanyakan media dibuat menggunakan gambar dan teks saja. Hanya memindahkan narasi sebuah materi kebentuk teks yang dianimasikan didalam slide Powerpoint. Padahal aplikasi Powerpoint dapat digunakan secara maksimal bahkan untuk membuat sebuah animasi kartun sederhana. Kemampuan inilah yang selama ini tidak disadari atau digali oleh pengguna Microsoft Powerpoint khususnya dikalangan guru. Rubrik BATIK ini akan mengupas secara detail langkah-langkah untuk membuat animasi media pembelajaran. Media yang dibuat dapat bercerita sehingga guru tidak lagi membuang energi untuk menjelaskan berkali-kali mengenai suatu materi. Dengan tutorial rubrik BATIK ini, diharapkan guru dapat lebih mudah mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya dalam hal pemanfaatan media berbasis TIK dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk semua bidang studi. Semoga rubrik BATIK ini bermanfaat bagi para guru yang ingin menggali fitur-fitur animasi yang dapat dimaksimalkan lebih dalam lagi.

Akhir kata, semoga kehadiran rubrik BATIK ini membawa manfaat bagi pembaca semuanya. Selamat berkarya untuk anak bangsa.

Arsip

X