Home / Media Pembelajaran / Teknologi Pendidikan / Mengubah Gambar Menjadi Teks ? Gunakan Saja Google Docs

Mengubah Gambar Menjadi Teks ? Gunakan Saja Google Docs

Anda tentu pernah dihadapkan pada kondisi sulita dimana kita ingin menyalin teks yang panjang bahkan terdiri dari beberapa paragraph tetapi teks tersebut terdapat dalam sebuah dokumen gambar atau file berbentuk gambar/image. Padahal kita ingin menyalin teks tersebut sesegera mungkin dan jika diketik kembali membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apa jalan keluarnya ?

Banyak aplikasi yang tersedia diinternet baik yang gratis maupun berbayar. Pada umumnya aplikasi-aplikasi ini merupakan kelompok aplikasi yang menerapkan teknologi OCR atau optical character recognizing. Artinya optik pengenal karakter. Kita bisa saja mengunduh dan menginstalasi aplikasi tersebut terlebih dahulu. Atau jika aplikasi converter-nya merupakan aplikasi online maka kita harus mengunggahnya dahulu dan menunggu proses konversi. Jika telah selesai baru kemudian hasil konversinya diunduh kembali. Butuh beberapa langkah agar gambar sebelumnya dapat dikonversi menjadi teks.

Kenapa tidak kita gunakan saja google docs ? Loh apakah bisa ? Bisa dong, ternyata google docs telah memiliki teknologi OCR didalamnya dan prosesnya sangat mudah dan cepat. Bagaimana caranya ?

Buka drive google anda dengan mengetikkan drive.google.com. Selanjutnya upload image yang akan di konversi kedalamnya. Lalu klik kanan seperti gambar berikut ini :

Pilih menu Open With -> Google Docs, tunggu beberapa saat sehingga tampil layar Google Docs dan image tersebut terkonversi menjadi teks seperti gambar berikut :

Perhatikan dengan seksama bahwa gambar berada dibagian atas, dan teks hasil konversi ada dibagian bawah. Mudah dan cepat bukan ?


Ditulis Oleh : Robby Shadri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X