Home / Media Pembelajaran / Mengaktifkan Menu Developer Macro Powerpoint

Mengaktifkan Menu Developer Macro Powerpoint

Sobat Batik, Belajar Asyik dengan TIK. Salah satu kelebihan Microsoft Powerpoint adalah kemudahan didalam perancangan animasi. Ditambah lagi dukungan Macro VBA yaitu dukungan script macro yang dapat menjadikan Powerpoint menjadi lebih powerfull. Namun jika dibandingkan dengan aplikasi perancangan animasi lainnya, Powerpoint tidak bisa disejajarkan karena orientasinya memang berbeda. Namun untuk membuat media animasi yang menarik sebagai pendukung pembelajaran yang menarik, Powerpoint sudah benar-benar Powerfull.

Macro VBA adalah pemrograman visual basic yang bisa diterapkan di aplikasi Microsoft Powerpoint yang dapat menjadikan Powerpoint menjadi lebih fleksibel dan menarik. Tentu saja dibutuhkan pengetahuan pemrograman. InsyaAllah Batik akan berbagi tutorial praktek animasi yang menggunakan Macro VBA untuk menjadikan animasi media pembelajaran menjadi lebih fleksibel.

Untuk dapat menggunakan Macro VBA di Powerpoint, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan menu-menu pendukung Macro VBA. Menu-menu ini terkumpul didalam ribbon menu Developer. Untuk mengaktifkannya, kita dapat klik menu File > Options lalu pilih menu Customize Ribbon sehingga tampil seperti gambar berikut ini :

Langkah berikutnya, beri tanda check pada check radio Developer, lalu klik OK sehingga pada ribbon menu aplikasi Powerpoint muncul menu baru yaitu Developer seperti gambar berikut ini.

Demikian tutorial Batik, Belajar Asyik dengan TIK kali ini, selamat berkarya untuk anak bangsa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X