Home / Rubrik / Berita / LPMP Riau Peduli Pembelajaran Daring Siswa

LPMP Riau Peduli Pembelajaran Daring Siswa

Terkait kebijakan Kemendikbud yang mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) dimana poin penting didalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan, sehingga perlu menghindarkan warga sekolah khususnya siswa pada daerah-daerah dengan resiko tinggi untuk berkumpul disekolah dengan cara melaksanakan pembelajaran dari rumah berupa pembelajaran daring/jarak jauh.

Pembelajaran daring yang dilakukan saat ini menggunakan aplikasi-aplikasi seperti aplikasi video conference dimana guru memberikan arahan maupun evaluasi terhadap siswa menggunakan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Untuk pemanfaatan aplikasi-aplikasi tersebut, LPMP Riau telah membekali lebih dari 1000 guru diprovinsi Riau agar mampu memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran daring melalui kegiatan bimtek pembelajaran daring.

Ditinjau dari penggunaan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tersebut, ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena dari berbagai pantauan kami untuk satu hari tatap muka secara online paling tidak siswa membutuhkan bandwith sebesar 1,5 s/d 2 GB dengan harga berkisar antara Rp. 15.ooo,- hingga Rp. 24.000,- tergantung provider yang digunakan. Dapat dibayangkan jika didalam satu keluarga memiliki lebih dari 1 anak yang membutuhkan koneksi internet untuk pembelajaran daring selama 6 hari dalam seminggu dan 24 hari dalam sebulan. Tentu biayanya tidak sedikit mengingat kondisi ekonomi dimasa pandemi ini juga cukup melilit.

Untuk itu LPMP Riau menaja program LPMP Riau Peduli Pembelajaran Daring Siswa dimana LPMP Riau memfasilitasi siswa-siswi yang berada diwilayah sekitar kantor LPMP Riau di Jl. Gajah No. 21 Bambu kuning Pekanbaru untuk dapat memanfaatkan laboratorium komputer untuk mengikuti pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh guru mereka masing-masing secara GRATIS dan TIDAK DIPUNGUT BIAYA. Tentu saja dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Program LPMP Riau Peduli Pembelajaran Daring Siswa diselenggarakan setiap hari kerja dari Senin hingga Jumat dari pukul 08:00 WIB s/d 12:00 WIB. Peserta yang dapat memanfaatkan fasilitas ini harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengambil formulir pendaftaran LPMP Riau Peduli Pembelajaran Daring Siswa
  2. Mengisi identitas diri pada formulir tersebut. Informasi ini dibutuhkan karena sarana prasarana lab. komputer LPMP Riau yang terbatas sehingga LPMP Riau hanya akan memfasilitasi siswa-siswi dilingkungan sekitar kantor LPMP Riau. Ditambah lagi protokol kesehatan yang mengharuskan adanya physical distancing  sehingga pemanfaatan ruang lab. komputer menjadi lebih sedikit.
  3. Mengisi jadwal pembelajaran daring sesuai dengan jadwal yang ditentukan sekolah masing-masing. Sebab siswa hanya diizinkan untuk mengikuti pembelajaran daring saja. Tidak untuk mencari sumber-sumber belajar online lainnya. Bagi siswa yang telah selesai mengikuti pembelajaran daring diharapkan dapat meninggalkan ruang lab. komputer agar siswa lainnya dapat memanfaatkan program ini.
  4. Menyerahkan formulir kepada petugas yang ditunjuk.
  5. Mengikuti jadwal yang ditempelkan oleh petugas LPMP di papan pengumuman
  6. Mengikuti tata tertib dan protokol kesehatan yang telah ditentukan

Setiap hari akan ada petugas LPMP Riau yang mendampingi agar jika ada kendala teknis, maka petugas tersebut akan memberikan bantuan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X