Home / Media Pembelajaran / Kuis Interaktif dengan Quizizz (Tutorial Guru)

Kuis Interaktif dengan Quizizz (Tutorial Guru)

Pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan beberapa daerah di Indonesia menjalankan kebijakan untuk belajar dirumah bagi siswa sekolah. Hal ini merupakan langkah preventif dan pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 di tanah air. Kegiatan belajar dirumah menuntut guru dan sekolah untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang diperlukan agar pembelajaran saat siswa/siswi berada dirumah tetap terselenggara meskipun dengan model dan metode yang berbeda. Hal ini sesuai dengan himbauan Kemendikbud agar pendidik menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa yang belajar dirumah.

Salah satu upaya pembelajaran yang menyenangkan dirumah saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah Quizizz. Quizizz merupakan media online yang berisi kuis interaktif yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran khususnya penilaian formatif. Bagaimana cara menggunakannya ? Berikut langkah-langkahnya :

Masuk kelaman quizizz di URL https://quizizz.com dengan menggunakan web browser, baik Chrome atau Mozilla sehingga layar akan tampil halaman depan Quizizz sebagai berikut :

Ada 2 (dua) peran didalam aplikasi ini yaitu :

  1. Sebagai penyelenggara kuis, dalam hal pembelajaran tentu saja penyelenggara kuis adalah guru/sekolah.
  2. Sebagai peserta kuis berarti siswa.

Perbedaan utama  kedua peran diatas adalah bahwa penyelenggara kuis dapat mengelola kuis mulai dari membuat pertanyaan yang akan ditampilkan beserta pilihannya, memantau siapa saja yang masuk hingga merekapitulasi jawaban peserta kuis. Sementara peserta kuis hanya dapat mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh penyelenggara kuis saja.

Kami akan menjelaskan setiap peran diatas.

Sebagai penyelenggara kuis (guru/sekolah)

Untuk dapat menyelenggarakan kuis, maka guru/sekolah harus mendaftar terlebih dahulu. Caranya klik tombol Daftar yang ada disudut kanan halaman utama Quizizz sehingga tampil layar seperti berikut ini :

Apabila guru/sekolah memiliki akun Google/email Gmail, maka kami sarankan untuk mendaftar dengan menggunakan akun Google tersebut dengan cara klik Daftar dengan Google. Jika ingin menggunakan email yang tidak terafiliasi dengan email Google, maka guru/sekolah dapat mendaftar dengan email tersebut dengan cara mengetikkan alamat email lalu klik tombol Selanjutnya. Pada kesempatan ini kami hanya akan menjelaskan cara mendaftar menggunakan akun Google saja. Setelah tombol Daftar dengan Google diklik, maka kita akan diminta memilih akun Google/alamat Gmail yang akan digunakan untuk mendaftar sehingga tampil seperti berikut ini :

Jika sudah tampil seperti ini, artinya kita sudah berhasil mendaftar. Kita dapat mengundang guru/teman yang lain untuk menggunakan aplikasi Quizizz dengan cara mengetikkan alamat email guru yang akan diundang lalu klik tombol Kirim. Undangan akan dikirim ke email Guru yang diundang. Atau dapat berbagi melalui media sosial dengan cara klik tautan Twitter.Facebook yang ada dibawah. Kita dapat melewati langkah-langkah ini jika kita tidak ingin mengundang teman dana dapat menutup pop up tersebut sehingga kita akan masuk kehalaman utama sebagai berikut :

Disebelah kiri terdapat deretan menu yang dapat kita gunakan untuk mengelola kuis. Dibagian bawah terdapat kuis yang telah dibuat oleh pengguna lain. Artinya kuis yang kita buat nanti dapat kita atur agar dapat digunakan secara tertutup dalam komunitas siswa kita saja atau terbuka dan dapat dilihat oleh siapa saja.

Untuk mulai membuat kuis, klik tombol Buat kuis baru dibagian atas layar sehingga tampil halaman berikut :

Berikan nama quiz yang diinginkan misalnya kita beri nama quiz kita dengan nama Matematika Kelas 6A lalu klik salah satu subjek yang relevan dengan quiz yang akan kita buat, lalu klik tombol Selanjutnya sehingga tampil halaman berikut ini :

Agar menarik, kita dapat menambahkan gambar quiz kita dengan mengklik tautan +Tambahkan gambar Quiz sehingga tampil rincian quiz seperti berikut ini :

Klik +Seret dan lepas atau klik disini untuk mengunggah, lalu pilih gambar yang kita inginkan. Pilih bahahasa misalnya Bahsa Indonesia. Pilih kelas sesuai dengan judul kuiz yang akan kita buat, kita pilih kelas 6th. Secara baku, pilih kelas akan terisi dengan tingkat kelas yang sama disisi kiri dan kanan. Tetapi dimungkinkan kita untuk membuat kuiz yang dapat diikuti oleh siswa dari rentang kelas tertentu misalnya dari kelas 7th s.d 9th. Selanjutnya kita memilih Siapa yang bisa melihat kuis ini, apakah Publik, terlihat oleh semua orang atau Pribadi, terlihat oleh anda. Jika kita memilih publik maka kuis yang kita buat dapat tampil diahalaman penyelenggara quizizz lainnya seperti dijelaskan sebelumnya. Lalu akhiri dengan mengklik Simpan.

Semakin lengkap info yang kita terakan didalam pengaturan kuis maka skor kuis kita akan semakin tinggi. Ketika membuat kuis, kita akan memperoleh skor 2,5 dari 10. Jika kita memilih gambar, menetapkan bahasa, menetapkan kelas peserta kuis maka kita akan memperoleh skor 7,5 dari 10.

Secara baku, waktu yang disediakan untuk menampilkan setiap pertanyaan dan kesempatan menjawab adalah 30 detik. Kita dapat merubah durasi waktu ini dengan mengklik simbol waktu seperti gambar berikut ini :

Ubah durasi waktu sesuai kebutuhan. Kita dapat membuat soal atau mengambil soal dari daftar soal yang telah dibuat oleh orang lain.

Mengambil Soal Orang Lain

Untuk mengambil soal yang telah dibuat orang lain, maka klik menu Teleport. Sehingga akan tampil layar berikut ini :

Disebelah kiri ditampilkan nama-nama kuis yang telah dibuat oleh penyelenggara lain yang memiliki subjek quiz yang sama dengan subjek quiz yang kita tentukan sebelumnya. Dibagian kanan ditampilkan daftar soal dari setiap quiz yang ada disebelah kiri. Untuk menemukan soal yang sesuai, klik nama kuisnya, lalu scrol soal yang disebelah kanan menggunakan scroll mouse. Jika menemukan soal yang sesuai dana akan memasukkan kedalam koleksi soal kita, maka kita dapat klik tombol +Tambah. Sehingga soal yang dipilih tersebut akan masuk kedalam daftar soal yang sedang kita buat. Untuk mengakhiri dan menutup Teleport, klik panah kekanan yang ada disisi kanan atas layar Teleport.

Membuat Soal Sendiri

Untuk membuat soal sendiri, klik menu New Question. sehingga tampil pilihan jenis soal seperti gambar berikut ini :

Ada 5 jenis pertanyaan yang dapat dibuat.

Multiple choice adalah soal pilihan ganda

Ini adalah jenis pertanyaan pilihan berganda. Jika diklik maka akan tampil seperti gambar berikut ini :

Pada isian tulis pertanyaan disini, ketik pertanyaan yang akan diajukan. Jika pertanyaan berupa rumus matematika, kita dapat mengklik simbol f(x) yang ada disisi kanan kolom pertanyaan. Demikian juga jika ingin membuat soal berupa gambar atau suara. Isikan pilihan jawaban 1, jawaban 2 dan seterusnya. Klik salah satu tanda centang yang ada disebelah kiri pilihan jawaban untuk menandakan kunci jawaban soal sehingga centang pilihan jawaban tersebut berubah warna menjadi warna hijau. Jika pilihan jawaban dirasa kurang dan akan ditambah, klik Tambah Pilihan Jawaban. Pilihan jawaban juga dapat berupa gambar. Untuk melakukan ini klik simbol gambar yang ada disebelah kanan pilihan jawaban. Dibagian bawah tertera alokasi waktu yang disediakan untuk pertanyaan ini. Alokasi waktu baku disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan saat membuat kuis. Tetapi waktu ini dapat diubah sesuai keinginan dengan cara klik Combo waktu ini lalu pilih waktu yang diinginkan. Disebelah kanan ditampilkan pratayang soal dan pilihan jawaban yang telah dibuat, lalu klik Simpan sehingga soal tersebut tampil dalam daftar soal yang sedang dibuat.

Checkbox 

Ini adalah jenis pertanyaan yang memungkinkan peserta menjawab lebih dari 1 jawaban untuk satu pertanyaan. Jika diklik maka akan tampil seperti gambar berikut ini :

Pada isian tulis pertanyaan disini, ketik pertanyaan yang akan diajukan. Jika pertanyaan berupa rumus matematika, kita dapat mengklik simbol f(x) yang ada disisi kanan kolom pertanyaan. Demikian juga jika ingin membuat soal berupa gambar atau suara. Isikan pilihan jawaban 1, jawaban 2 dan seterusnya. Klik tanda centang yang ada disebelah kiri pilihan jawaban untuk menandakan kunci jawaban soal mana saja (boleh lebih dari satu) sehingga centang pilihan jawaban tersebut berubah warna menjadi warna hijau. Pada contoh diatas, pilihan jawaban ada 2 yaitu pilihan jawaban 1 dan pilihan jawaban 3. Jika pilihan jawaban dirasa kurang dan akan ditambah, klik Tambah Pilihan Jawaban. Pilihan jawaban juga dapat berupa gambar. Untuk melakukan ini klik simbol gambar yang ada disebelah kanan pilihan jawaban. Dibagian bawah tertera alokasi waktu yang disediakan untuk pertanyaan ini. Alokasi waktu baku disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan saat membuat kuis. Tetapi waktu ini dapat diubah sesuai keinginan dengan cara klik Combo waktu ini lalu pilih waktu yang diinginkan. Disebelah kanan ditampilkan pratayang soal dan pilihan jawaban yang telah dibuat, lalu klik Simpan sehingga soal tersebut tampil dalam daftar soal yang sedang dibuat.

Fill In The Blank

Adalah pertanyaan terbuka yang memungkinkan peserta mengetikkan jawabannya sendiri. Jika diklik maka akan tampil seperti gambar berikut ini :

Pada isian tulis pertanyaan disini, ketik pertanyaan yang akan diajukan. Jika pertanyaan berupa rumus matematika, kita dapat mengklik simbol f(x) yang ada disisi kanan kolom pertanyaan. Demikian juga jika ingin membuat soal berupa gambar atau suara. Isikan kunci jawaban pada isian Answer. Pada contoh diatas, kunci jawabannya adalah 4. Jika kunci jawaban lebih dari 1 maka kita dapat mengklik Add alternative untuk memberikan kunci jawaban lainnya. Dibagian bawah tertera alokasi waktu yang disediakan untuk pertanyaan ini. Alokasi waktu baku disesuaikan dengan waktu yang ditetapkan saat membuat kuis. Tetapi waktu ini dapat diubah sesuai keinginan dengan cara klik Combo waktu ini lalu pilih waktu yang diinginkan. Disebelah kanan ditampilkan pratayang soal dan pilihan jawaban yang telah dibuat, lalu klik Simpan sehingga soal tersebut tampil dalam daftar soal yang sedang dibuat.

3 jenis pertanyaan diatas adalah jenis pertanyaan yang umum digunakan dalam pembelajaran sehingga 2 jenis pertanyaan lagi tidak kami jelaskan disini. Untuk mengedit soal, menduplikat atau menghapus soal kita dapat mengklik tombol berikut :

Tombol ini tertera pada setiap soal.

Jika telah menyelesaikan minimal 4 soal, maka skor kuis kita akan berubah menjadi 10. Selesaikan sejumlah soal yang diinginkan untuk diujikan kepada siswa. Jika soal selesai, selanjutnya klik tombol Quiz selesai yanga ada disudut kanan atas layar sehingga tampil layar seperti berikut ini :

Sebelum diujikan kepada siswa, kita dapat menguji coba soal yang telah kita buat sebelumnya. Caranya klik tombol Latihan yang berwarna hijau lalu klik Mainkan. Tunggu hingga tampil seperti berikut ini :

Klik tombol Bermain untuk mencobakan soal yang telah dibuat sebelumnya hingga selesai.

Jika akan langsung dimainkan oleh siswa, maka kita klik tombol Main Langsung sehingga tampil seperti berikut ini :

Ada 3 mode permainan yaitu :

  1. Tim. Setiap siswa mengikuti kuiz melalui perangkat masing-masing, akan tetapi skor dihitung berdasarkan nilai tim.
  2. Klasik. Setiap siswa mengikuti kuiz melalui perangkat masing-masing. Skor dihitung berdasarkan ketepatan dan kecepatan masing-masing peserta kuis.
  3. Ujian. Setiap siswa mengikuti kuiz melalui perangkat masing-masing. Akan tetapi untuk dapat mengikuti Quiz tipe ini peserta harus Login menggunakan akun Google/email Google atau menggunakan email lainnya. Data-data peserta ujian akan diambil sistem dari data yang terekam di email server. Skor dihitung berdasarkan ketepatan dan kecepatan masing-masing peserta kuis yang telah terdaftar.

Jika sudah menentukan mode permainan apakah Tim, Klasik atau Ujian, selanjutnya klik tombol Host Gameuntuk memulai sehingga tampil halaman berikut ini :

joinmyquiz.com adalah alamat URL yang harus dibuka oleh peserta quiz di browser perangkat masing-masing. Kode game yang tampil adalah kode yang harus diberitahukan kepada peserta quiz untuk dimasukkan dihalaman joinmyquiz.com tersebut. Dibagian bawah tertera Menunggu pemain bergabung dengan game. Jika ada siswa yang bergabung maka sistem akan menampilkan nama siswa yang telah bergabung. Jika semua siswa telah masuk, selanjutnya guru dapat mengklik tombol Mulai untuk mulai quiz.

Pengaturan Umum

Dibagian bawah terdapat pengaturan yang tidak dapat dapat diabaikan jika akan menjadikan quizizz sebagai sebuah media pembelajaran. Pengaturan umum tersebut adalah :

  1. Peluang siswa. Berapa kali murid dapat mengerjakan quiz ini? Jika diisi Tidak Terbatas, maka siswa dapat mengikuti quiz ini berkali-kali. Tentu saja hasilnya menjadi tidak valid, karena siswa dapat memperbaiki jawaban di kesemp berikutnya. Jadi sebaiknya ubah menjadi 1 kali saja.
  2. Tunjukkan pertanyaan di game. Tampilkan kepada siswa jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan. Jika diisi dengan Active maka kunci jawaban akan langsung ditampilkan. Jika pilihannya Mati maka jawaban yang benar tidak ditampilkan.
  3. Tunjukkan jawaban setelah babak selesai. Memungkinkan siswa untuk melihat pertanyaan dan jawaban di akhir. Jika dijawab Active maka dibagian akhir akan ditampilkan semua pertanyaan beserta jawabannya diakhir quiz.

Pengaturan Permainan

  1. Waktu. Siswa melihat penghitung waktu mundur untuk setiap pertanyaan. Jika diset aktif maka hitung mundur akan ditampilkan dilayar siswa.
  2. Tunjukkan papan peringkat. Jika diset aktif maka peringkat 10 tertinggi akan ditampilkan dilayar setiap siswa.
  3. Pertanyaan diacak. Jika diset aktif maka pertanyaan akan diacak.
  4. Pilihan jawaban diacak. Jika diset aktif maka opsi jawaban akan diacak.
  5. Pertanyaan Redemption/Penebusan. Memungkinkan siswa untuk mencoba kembali beberapa pertanyaan yang salah.  Jika diset aktif, siswa dapat memperbaiki jawaban yang salah sebelumnya.
  6. Perlihatkan meme. Tunjukkan gambar lucu setiap setelah pertanyaan. Jika diset aktif, setiap kali perpindahan soal akan muncul gambar-gambar lucu. Pilihan gambar yang akan ditampilkan tertera dibagian bawah layar.

Analisis

Setelah game berakhir, maka penyelenggara dapat melihat analisis pelaksanaan kuiz seperti gambar berikut :

Ringkasan permainan dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Ketepatan kelas. Semakin tinggi persentase benar maka soal yang dibuat semakin tepat dengan kelasnya. Jika persentase kecil, dapat diartikan kelasnya salah atau soalnya tidak sesuai dengan peserta kuis.
  2. Pertanyaan paling sulit akan terlihat pada nomor soal berapa jumlah kesalahan tertinggi.
  3. Pertanyaan paling panjang akan terlihat dari soal mana yang semua peserta menjawab paling lama.
  4. Fakta menarik menunjukkan ada soal yang lama pengerjaannya dan rendah jumlah yang menjawab benar.

Dibagian bawah tertera nama siswa, nilai yang diperoleh serta jawaban disetiap soal. Disamping itu melalui menu Hasil yang ada disebelah kiri guru juga dapat melihat hasil analisis kuis yang diselenggarakan. Jika menu ini diklik akan tampil seperti gambar berikut :

Setiap hasil kuis dapat dikirimkan penyelenggara kepada orang tua melalui email. Nilai dapat dirutkan berdasarkan Nilai, ketepatan dan nama siswa.

Hasil ujian ini dapat dicetak secara ringkas atau detail dengan format PDF atau di unduh dengan format Excell.

Jadikan PR

Disamping dalam bentuk permainan, Quizizz juga memungkinkan diselenggarakan untuk pekerjaan rumah siswa. Untuk menjadikan PR bagi siswa, maka klik Jadikan PR sehingga tampil seperti gambar berikut ini :

Klik isian tanggal untuk menentukan tanggal berapa PR harus diselesaikan siswa. Demikian juga Jam, menit. Karena format waktunya 12 jam, maka disebelah kanan terdapat pilihan Pagi atau Siang. Selanjutnya klik Host Game. Sehingga tampil seperti gambar berikut ini :

Bagikan kode PR ini kepada siswa. Siswa harus mengerjakan PR ini sebelum tanggal dan waktu yang telah ditentukan. Pengaturan Umum dan Pengaturan Permainan sama dengan penjelasan sebelumnya. Bedanya hanya waktu pengerjaan tidak dibatasi selama batas waktu PR belum terlewati. Jika semua siswa sudah mengerjakan tugas dan PR akan ditutup, guru dapat mengklik Akhiri Game yang ada disudut kanan atas.

Demikian tutorial guru ini dibuat semoga bermanfaat. Adapun tutorial bagi siswa, tutorial membuat kelas dan membuat meme untuk setiap kelas insyaAllah akan menyusul di tutorial berikutnya.


Dibuat Oleh : Robby Shadri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

october, 2021

No Events

X