Home / Media Pembelajaran / Teknologi Pendidikan / Jitsi Meet, Aplikasi Alternatif Video Confrencing yang Gratis (Tutorial Guru)

Jitsi Meet, Aplikasi Alternatif Video Confrencing yang Gratis (Tutorial Guru)

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam masa tanggap darurat covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut adalah dengan menerapkan kebijakan work form home (WFH). Tak ketinggalan juga guru dimana guru dituntut tetap dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dimana siswa diharuskan untuk tetap berada dirumah dan belajar dari rumah. Hal ini membutuhkan alat bantu berupa aplikasi yang dapat menjembatani komunikasi antara guru dan siswa, dapat saling bertatap muka dan berbagi materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja selama kedua belah pihak memiliki koneksi internet.

Salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk digunakan adalah aplikasi jitsi Miit. Disamping aplikasi ini bersifat open source, gratis dan yang terpenting adalah aman, sebab data yang melintas melalui aplikasi ini dienkripsi. Dan yang terpenting juga sistem ini kompatibel dan dapat dijalankan baik di PC/Laptop maupun gawai pintar berbasis Android. Bagaimana cara menggunakannya ? Berikut langkah-langkahnya.

Jika menggunakan laptop/PC, buka laman jitsi meet di URL : meet.jit.si sehingga tampil halaman utama sebagai berikut :

Untuk memulai sebuah Room, silahkan ketikkan pada isian Start a new meeting, jangan lupa menggunakan nama room yang unik, misalnya Materi Siklus Hidrologi lalu klik Go. Kita akan diarahkan ke room yang baru saja kita buat seperti gambar berikut ini :

 

Kita baru saja menyiapkan sebuah room meeting. Selanjutnya kita dapat mulai mengundang partisipan dalam hal ini siswa untuk dapat bergabung kedalam room meeting yang baru saja kita buat. Untuk dapat bergabung siswa dapat menginstall Jitsi Meeting dari Playstore jika siswa menggunakan HP android. Guru dapat membagikan link agar siswa dapat bergabung. Untuk mengetahui linknya, klik menu berbentuk huruf i berbentuk bulat yang ada disudut kanan bawah sehingga tampil seperti gambar berikut :

Kita dapat menyalin (copy) link room dengan cara klik tombol copy yang ada disebelah kanan Link. Lalu membagikan link ini kepada siswa melalui media sosial seperti WA dsb. Jika kita ingin mengunci room yang kita buat, kita dapat menambahkan password dengan cara klik Add Password. Jangan lupa, jika telah menambahkan password, maka share link kepada siswa juga harus diberikan bersama password.

Semua partisipan atau siswa yang telah masuk kedalam room akan tampil disebelah kanan dengan video penyelenggara (guru0 yang berada di posisi teratas. Akan tetapi tampilan dikanan tersebut tidak menampilkan semua partisan siswa. Jika ingin menampilkan semua yang telah masuk, maka klik tombol Togle View yang ada disudut kanan bawah berbentuk 4 kotak kubus sehingga tampil semua partisan seperti gambar berikut ini :

Dibagian tengah bawah terdapat 3 tombol yaitu Microphone pada posisi kiri, lalu telephone berwarna merah ditengah dan kamera di posisi kanan.

Jika microphone di coret artinya microphone pengguna saat itu di non aktifkan. Ybs tidak bisa berbicara melalui microphone. Untuk mengaktifkan microphone pengguna tinggal klik microphone sehingga tanda coretannya hilang. Namun, pemilik room (guru) dapat mengatur agar semua partisanketika memasuki room secara default microphonenya di non aktifkan, tujuannya tentu saja agar partisan siswa tidak berisik. Caranya klik titik tiga yang ada di sudut kanan bawah sehingga tampil menu berikut :

Lalu klik Setting. Klik tab More sehingga tampil pengaturan berikut ini :

Beri tanda centang pada Everyone starts muted. Jika Everyone starts hidden diberi tanda centang maka partisan akan ikut room dengan pengaturan awal kameranya dinonaktifkan.

Ketika meeting sudah berjalan, moderator juga dapat mematikan semua microphone partisan dengan klik tombol titik tiga disudut kanan bawah, lalu pili menu Mute Everyone.

Tombol telephone yang berwarna merah ditengah gunanya untuk menghentikan keikut sertaan didalam meeting.

Selanjutnya tombol berbentuk kamera dibawah kanan, jika dicoret artinya video kita tidak tampil dilayar partisan lainnya. Partisan lainnya hanya akan melihat nama kita saja. Agar video kita dapat dilihat partisan lain, klik kamera tersebut agar tanda coretnya hilang.

Jika menggunakan perangkat microphone atau web cam tambahan, kita dapat menggantinya dengan mengklik tombol panah kebawah disebelah kanan microphone atau kamera, lalu pilih microphone atau web camera yang diinginkan.

Secara default, nama kita tercantum sebagai Me. Untuk menggantinya klik menu titik tiga disudut kanan bawah, lalu klik menu paling atas (Me) sehingga muncul sebagai berikut :

Ketikkan nama pada isian Set your display name, lalu klik Ok.

Aplikai Jitsi Meet juga dilengkapi dengan chat. Caranya klik tombol chat disudut kiri bawah sebelah kanan yang berbentuk percakapan sehingga muncul layar percakapan seperti gambar berikut :

Untuk mengirimkan pesan, partisan dapat mengetikkan pesan yang akan dikirimkan pada Type a message dan tekan Enter.

Untuk berbagi materi misalnya presentasi, layar browser dsb, moderator atau partisan dapat klik tombol Share your screen yang ada disudut bawah paling kiri layar. Jika tombol ini diklik maka akan tampil sebagai berikut :

Terdapat 3 pilihan, yaitu

  1. Your Entire Screen. Gunanya untuk berbagi layar saat ini.
  2. Aplication Window. Untuk berbagi layar aplikasi yang sedang berjalan di perangkat
  3. Chrome tab. Untuk berbagi layar browser yang sedang dibuka. Pilih salah satu tab chrome yang ingin di share.

Untuk berbagi audio dari layar/aplikasi/browser yang akan kita share, maka jangan lupa beri tanda check pada share audio.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah memungkinkan bagi moderator untuk melakukan live streaming ke youtube secara langsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi tentu saja, kita harus memiliki channel youtube yang telah ektif fitur live streamingnya. Untuk menjalankan live streaming, klik tombol menu titik 3 disisudut kanan bawah, lalu klik menu Start live stream. Sehingga tampil halaman berikut :

Masukkan Live stream key yang ada di sudut kiri bawah channel youtube kita pada kolom Nama/kunci streaming. Jangan bagikan kunci streaming ini kepada siapapun, karena orang lain dapat melakukan live streaming menggunakan streaming key yang kita punya.

Selanjutnya klik Start Live Streaming.

Untuk menghentikan live streaming, klik menu titik tiga disudut kanan bawah, lalu pilih menu Stope live stream sehingga muncul layar konfirmasi berikut ini :

Selanjutnya klik Stop live Stream.

Untuk merekam semua aktivitas dilayar, maka klik tombol menu titik tiga disudut kanan bawah, lalu klik Start recording sehingga tampil layar berikut :

Penyimpanan rekaman hanya dapat dilakukan melalui Dopbox. Tentu saja kita harus memiliki akun dropbox dan login terlebih dahulu dengan klik Sign in. Jika sudah login, selanjutnya klik Start recording untuk memulai. Untuk mengakhiri recording, pada menu titik tiga disudut kanan bawah klik Stop recording.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang di enkripsi dan gratis, sehingga nyaman digunakan untuk pembelajaran dirumah maupun untuk keperluan meeting lainnya *RS*


Dibuat Oleh : Robby Shadri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X