Home / Media Pembelajaran / Grouping Objek

Grouping Objek

Proses pengelolaan pengelompokan 2 (dua) atau lebih objek shape dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur Grouping. Baik untuk menjadikan kumpulan objek shape menjadi 1 (satu) grup, atau memecah kembali sebuah grup menjadi beberapa objek shape awal. Prosedur Grouping akan sangat membantu dalam merancang gambar karena dengan mudah kita dapat memberikan pengaturan yang sama kepada beberapa objek shape sekaligus.

Jika kita menseleksi beberapa objek shape, maka kita akan tahu apakah kumpulan objek tersebut sudah di grouping atau tidak. Apabila kumpulan objek shape tersebut belum digrouping, maka bingkai seleksi aktif akan melingkupi tiap-tiap objek shape. Adapun jika kumpulan objek tersebut sudah dikelompokkan/di-grouping menjadi 1 (satu) grup, maka hanya ada 1 (satu) bingkai seleksi aktif yang melingkupi semua objek tersebut.

Dua objek shape terpisah (kiri),dua objek shape yang sudah digroup (kanan)

Terdapat 3 (tiga) pilihan menu untuk pengelolaan Grup ini yaitu :

  1. Group. Pilihan menu ini akan mengelompokkan 2 atau lebih shape yang diseleksi menjadi satu objek.
  2. Regroup. Pilihan menu ini akan mengelompokkan kembali objek-objek shape yang telah di-ungroup sebelumnya sesuai dengan anggota-anggota objek shape group sebelumnya, tanpa harus menseleksi objek-objek yang menjadi anggota grup. Tetapi cukup dengan meng-klik kanan salah satu objek shape saja, lalu pilih menu ini, maka objek-objek yang sebelumnya satu grup dengan objek tersebut akan disatukan kembali.
  3. Ungroup. Pilihan menu ini akan memisahkan kembali objek-objek shape yang sebelumnya telah dijadikan satu grup menjadi objek-objek tunggal.

Kita dapat dengan mudah menjadikan dua atau lebih objek shape yang diseleksi menjadi satu grup dengan menggunakan tombol Ctrl + G.

Kita juga dapat dengan mudah melakukan proses Un-Group objek yang sudah di Group dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + G.

Arsip

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

october, 2021

No Events

X