Home / Rubrik / Berita / DWP LPMP Riau Gelar Aksi Donor Darah untuk Kemanusiaan

DWP LPMP Riau Gelar Aksi Donor Darah untuk Kemanusiaan

Pekanbaru – (01/11/2017) ~ Di bulan kesadaran dan peduli kanker serviks dan payudara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) LPMP Riau menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkain kegiatan DWP LPMP Riau Peduli Kanker Serviks dan Payudara (baca DWP LPMP Riau Gelar Seminar dan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara).

Selasa (31/10) aksi sosial ini dilaksanakan di halaman kantor LPMP Riau. Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama DWP LPMP Riau dengan PMI Kota Pekanbaru diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusian keluarga besar LPMP Riau kepada sesama.

“Aksi donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial terhadap sesama dan memberikan banyak manfaat dalam membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan darah”, kata Penasihat DWP LPMP Riau, Mulyatsyah, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan DWP LPMP Riau Peduli Kanker Serviks dan Payudara.

Mendonorkan darah selain dapat menyelamatkan nyawa bagi recipient (penerima donor, red) juga bermanfaat bagi pendonor. Setelah mendonorkan darah, tubuh akan menggantikan volume darah dalam waktu kurang lebih 48 jam. Sel-sel darah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif. Dobor darah dapat membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah dapat menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%.

Donor darah juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah dapat mengurangi resiko terkena kanker. Rajin melakukan donor darah akan membuat tubuh menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Sebelum melakukan donor darah, akan dilakukan pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, nadi dan kadar hemoglobin. Setelah donor darah selesai dilakukan darah akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani serangkaian tes yang berbeda.

Menurut salah satu panitia, Hersy Wibawanti, dari para peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos, hanya sebagian kecil saja yang tidak lolos dikarenakan tekanan darah dan hemoglobin yang tidak memenuhi syarat.

Salut dengan aksi yang dilakukan DWP LPMP Riau dalam menggelar aksi kemanusiaan, semoga kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di LPMP Riau. (@nunovia)

Demikian, semoga bermanfaat……..

Sumber  :

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X