Home / Media Pembelajaran / Color Picker

Color Picker

Hidup tiada indah tanpa warna. Salah satu kata mutiara yang pernah kita dengar ketika sekolah dahulu. Demikian pula halnya dengan Powerpoint. Agar media pembelajaran yang kita buat nantinya terlihat indah dan menarik, maka kita perlu melakukan penataan sedemikian rupa, tak ketinggalan penataan warna.

Meskipun penguasaan aplikasi bisa dinilai sama antara orang perorang, namun tidak dengan hasil akhirnya. Karena akan sangat terkait erat dengan nilai rasa dan nilai seni seseorang. Ada orang yang dapat dengan mudah mencari warna yang cocok untuk objek shape yang akan mereka buat dengan melakukan pencampuran-pencampuran warna pada tiga komponen warna dasar Red, Green dan Blue (RGB), tetapi ada juga yang kesulitan menyesuaikan warna sehingga perlu warna sampel/contoh dari gambar-gambar yang telah ada.

Aplikasi untuk mengambil sampel warna dari gambar yang ada disebut dengan Color Picker. Sayangnya aplikasi Microsoft Powerpoint sendiri tidak memiliki fasilitas gratis untuk yang satu ini. Tidak usah khawatir. Aplikasi Color Picker dapat kita temukan dengan mudah di Internet. Saya juga sudah melampirkan aplikasi ini di dalam CD pendukung. Salah satu aplikasi ini adalah ColorPic yang dapat didownload di alamat http://www.iconico.com/colorpic/. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kita dapat mengambil nilai desimal warna dari sebuah pixel gambar untuk kemudian nilai desimal RGB yang diperoleh melalui aplikasi ini kita masukkan kedalam properties Fill objek shape.

Beberapa bagian penting dari aplikasi ini yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut :

  1. Panel Pallets. Berisi daftar nama koleksi warna yang telah didefinisikan oleh pengembang aplikasi ini, dimana sampel-sampel warna yang telah disimpan tersusun didalam kotak-kotak panel Chips. Nama yang diberikan pada tiap koleksi sampel warna ini tersimpan didalam Combobox Pallets. Adapun jika kita ingin membuat kelompok pallet baru, kita dapat memilih My Color pada Combobox Pallet. Pada panel Pallets ini juga terdapat menu New untuk membuat koleksi warna baru; Edit untuk merubah koleksi warna yang telah ada; dan Delete untuk menghapus koleksi warna.
  2. Panel Chips. Panel ini berisi sampel-sampel warna yang disusun didalam kotak-kotak Chips yang berjumlah 16 kotak yang terdiri dari 2 baris dan 8 kolom. Untuk mengisi kotak Chips yang kosong dengan sampel warna yang kita pilih.
  3. Panel Mixer. Panel berikutnya yang paling penting bagi kita adalah panel mixer. Panel ini akan menampilkan nilai desimal Red, Green dan Blue dari sample warna yang kita pilih. Setelah kita memperoleh nilai RGB ini, kita dapat memasukkan kedalam Properties Fill objek shape dengan cara klik kanan pada objek shape, lalu pilih menu Format Shape Fill  → Solid Fill  → Color sehingga objek shape yang telah kita seleksi tadi memiliki warna yang sama dengan warna sampel gambar seperti gambar berikut ini :
  4. Panel Magnify. Panel ini metampilkan sampel gambar dimana kursor berada dengan ukuran yang diperbesar sehingga kita dapat memilih dengan tepat, warna dari sebuah pixel

Untuk menangkap sampel warna yang kita pilih dan ditempatkan didalam kotak Chips yang kosong, kita dapat gunakan tombol Ctrl + G

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X