Home / Rubrik / Berita / Bimtek Pembelajaran Daring Angkatan VI

Bimtek Pembelajaran Daring Angkatan VI

Kemendikbud telah mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) dimana salah satu poin penting yang disebutkan didalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan, sehingga perlu menghindarkan warga sekolah khususnya siswa pada daerah-daerah dengan resiko tinggi untuk berkumpul disekolah dengan cara melaksanakan pembelajaran dari rumah berupa pembelajaran daring/jarak jauh.

LPMP Riau sebagai salah UPT Kemdikbud di provinsi Riau terpanggil untuk membantu tenaga pendidik agar dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring tersebut dengan baik melalui pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran daring. Bimtek sendiri telah berjalan sebanyak 5 angkatan dimana setiap angkatannya terdaftar sebanyak 240 orang guru dari berbagai jenjang dari berbagai daerah diseruh provinsi Riau. Angkatan 4 sendiri dikhususkan bagi guru-guru jenjang SMK. Meskipun didalam pelaksanaannya hingga akhir setiap angkatan jumlah peserta berkurang. Hal ini dimaklumi karena beragam kendala teknis yang dihadapi oleh tenaga pendidik diwilayah masing-masing seperti koneksi internet dan jaringan listrik yang sering padam.

Didalam bimtek ini tenaga pendidik dibekali beragam hal yang dibutuhkan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran daring mulai dari aplikasi videoconfrence, perencanaan pembelajaraan, kelas maya, produksi media pembelajaran, penyusunan soal HOTS untuk evaluasi dan pemanfaatan aplikasi evaluasi secara online. LPMP Riau menyampaikan beragam platform yang dapat digunakan untuk kemudian tenaga pendidik diberikan pilihan untuk menentukan aplikasi mana yang cocok dan dapat digunakan di tempat masing-masing sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Mengingat besarnya animo tenaga pendidik dari seluruh Riau, maka akhirnya LPMP Riau melanjutkan Bimtek ini hingga angkatan 6, dimana diharapkan bimtek ini menjadi bimtek pamungkas karena LPMP Riau juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya sesuai tupoksi LPMP yang membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Kegiatan bimtek angkatan 6 ini direncanakan dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 14 Agustus 2020 dengan pola 82 jam tatap muka secara daring/luring. Peserta dapat mendaftar melalui aplikasi lpmpriau.kemdikbud.go.id/simak namun pendaftaran hanya dimungkinkan jika kuota belum terpenuhi dengan menggunakan kode kegiatan tertentu. Hingga hari ini untuk sementara kuota di tutup di angka 500 orang peserta. Namun demikian pada hari ini Senin 3 Agutus 2020 panitia pelaksana akan memutuskan apakah kuota ini akan ditambah atau tidak. Karena hal ini juga terkait dengan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan bimtek itu sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X