Home / Rubrik / Berita / Analisis Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2019

Analisis Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2019

Dalam rangka pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP), pemerintah telah melakukan berbagai upaya yang diperlukan untuk memberikan kepastian (assurance) bahwa setiap layanan pendidikan yang diberikan oleh satuan pendidkan sesuai dengan norma, kriteria dan standar yang ditetapkan. Keberhasilan implementasi SPMP tersebut, sangat tergantung pada komitmen setiap satuan pendidikan beserta seluruh komponen di dalamnya.

Sebagai salah satu upaya  memastikan keterlaksanaan SPMP di satuan pendidikan,  LPMP Riau pada tahun 2019 ini melakukan program supervisi mutu pendidikan dengan melibatkan sebagian besar pengawas yang ada di Provinsi Riau. Melalui pendekatan ini, sesuai arahan Ditjen Dikdasmen, LPMP memberikan pola pelaksanaan supervisi mutu yang diharapkan dilaksanakan oleh pengawas kepada sekolah binaan mereka, antara lain melihat sejauh mana sekolah melakukan SPMI, bagaimana pengelolaan di satuan pendidikan, serta bagaimana proses pembelajaran dan SKL yang ada di sekolah. Melalui empat indikator besar tersebut, diharapkan pengawas bisa memberikan pendampingan dalam peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan sesuai dengan sekolah binaannya masing-masing.

Melalui pendekatan ini, satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan  evaluasi dan pengembangan secara berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendampingan yang dilakukan oleh para pengawas sekolah.

Guna mengetahui sejauh mana pengawas menerapkan pola supervisi tersebut di sekolah binaan masing-masing, maka pada tahun 2019 itu LPMP Riau menyebarkan instrumen untuk mengukur keterlaksanaan pola supervisi dimaksud. Para pengawaslah yang diharapkan menjadi responden dari instrumen yang disebarkan LPMP Riau secara online.

Berdasarkan hasil analisis terhadap instrumen yang telah diisi, ada beberapa poin penting yang perlu disikapi oleh pemangku kebijakan, antara lain soal pemahaman tentang SPMI, upaya membangun branding sekolah, serta budaya baca para siswa di satuan pendidikan. Lebih detail tentang hasil analisis tersebut bisa dicermati di halaman berikutnya.

Selain melalui penyebaran instrumen, LPMP Riau juga melakukan pendampingan dalam bentuk kunjungan langsung ke sekolah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan supervisi mutu dilaksanakan oleh pengawas. Secara umum, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pendampingan dengan penyebaran instrumen yang dilakukan, namun hasil pelaksanaan pendampingan ini diberikan dalam laporan terpisah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

september, 2021

No Events

X